Sumber: freepik.com

Hallo sobat genpi semua! Bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya! Pada penasaran ga nih tulisan kali ini akan membahas tentang apa? Pasti pada penasaran kan? Simak terus yang tulisan kali ini karena bakal ada pembahasan menarik mengenai edukasi dan wisata. Wah edukasi dan wisata seperti dua kutub yang saling bertolak belakang ya? Daripada kalian semakin penasaran yuk simak tulisan satu ini.

Siapa sih yang bilang kalo berwisata itu mesti identik bersenang-senang? Selain berwisata kalian juga masih bisa lho menambah pengetahuan kalian dengan mengunjungi beberapa objek wisata. Maka jangan salah sangka ya kalau berwisata itu pasti selalu bersenang-senang.

Dalam pariwisata hal tersebut dikenal dengan istilah wisata edukasi ya sobat genpi. Bagi yang belum tau, tulisan kali ini akan menambah wawasan kalian tentang wisata edukasi ya! Seperti namanya, konsep wisata edukasi mengusung visi positif dengan mengelaborasikan kegiatan edukasi dengan kegiatan wisata. Tentu kegiatan edukasi yang dimaksud ini bukan kegiatan pembelajaran seperti yang terjadi pada kelas pada umumnya. Namun, kegiatan edukasi yang berlangsung lebih bersfiat santai tetapi mampu memberikan wawasan bagi para pengunjung.

Jika dirunut secara konseptual pariwisata edukasi dimaksudkan sebagai kegiatan wisata yang dilakukan dalam sutau kelompok dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan dari tempat yang dikunjungi (Rodger, 1998). Nah biasanya kegiatan yang dapat dilakukan dari wisata edukasi dapat dilihat dari beberapa bentuk ya, seperti mengunjungi museum, berbaur dengan masyarakat lokal, bahkan study tour juga dapat termasuk dalam wisata edukasi lho ya! Pasti kalian yang bersekolah pasti pernah kan melakukan kegiatan ini.

Biasanya segmentasi dari wisata edukasi menyasar para pelajar sekolah ya. Contohnya adalah ketika kalian mengunjungi museum pasti akan disuguhkan berbagai informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan museum tersebut. Tentu hal tersebut akan snagat relate dengan pelajaran yang ada di sekolah ya.

Selain mendapatkan informasi, kalian juga masih dapat melihat keindahan dari objek wisata tersebut ya. Bahkan kalian juga masih bisa berfoto dengan latar belakang menarik yang tentunya sangat cocok untuk diupload ke instagram kalian. Nah ini ada salah satu tempat wisata yang unik dengan menggabungkan wisata dan edukasi, yaitu objek wisata Kampung Tulip. Dengan mengunjungi tempat wisata terebut kalian bisa mendapatkan informasi seputar Negeri Tulip dan kalian juga dapat menikmati suasana Eropa ya!

Wah ternyata selain bisa bersenang-senang kita juga dapat menambah pengetahuan kita ya dengan wisata edukasi ya! Bagi kalian yang selama ini berwisata hanya untuk bersenang-senang bisa banget nih mencoba wisata edukasi untuk pengetahuan kalian!

Sumber:

Priyanto, Rahmat, dkk. 2018. “Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, hlm. 32—38. Rodger, 1998. Leisure, Learning and Travel, Journal of Physical Education, 69 (4): hal.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *