Selamat! Sandiaga Uno Resmi menjadi Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024



Sumber : Kompas.com

Pada tanggal 22 Desember 2020, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mengumumkan reshuffle dalam Kabinet Indonesia Maju. Keputusan ini membuat kita penasaran siapa sosok pemimpin baru di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/ Baparekraf) yang sebelumnya dipimpin oleh Wishnutama Kusubandio?

Sesuai dengan Siaran Pers Resmi Kemenparekraf/ Baprekraf tertanggal 23 Desember 2020, Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjabat sebagai Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024 menandai berakhirnya tugas Wishnutama sebagai Menparekraf/ Baparekraf periode 2019-2020. Acara serah terima jabatan (sertijab) dilakukan pada tanggal 23 Desember 2020 pagi, berlokasi di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kemenparekraf/ Baparekraf.

Dalam sambutannya, Wishnutama menuturkan bahwa sejak pandemi Covid-19 merebak, ini menjadi tantangan yang sangat berat khususnya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia juga turut menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap semua rekan, jajaran dan pegawai Kemenparekraf/ Baparekraf yang sudah memberikan semangat serta dedikasi, kreatifitas dan kerja keras untuk tanah air.

“Ini adalah sebuah tantangan yang luar biasa dan tentunya ini akan menjadi tantangan yang juga luar biasa buat Bang Sandi kedepannya. Berbagai perencanaan yang sudah kita lakukan kadang bisa dieksekusi, tapi kebanyakan tidak bisa dieksekusi. Faktor kesehatan menjadi prioritas utama kita, oleh karena itu kita selalu harus bisa mengukur kebiasaan kita agar selalu aman dan kegiatan tetap bisa terlaksana,” kata Wishnutama.

Sementara, Sandiaga dengan amanah barunya mengemban tugas sebagai Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024 mengungkapkan bahwa posisi Menparekraf/ Baparekraf adalah sebuah amanah dan tanggung jawab yang besar karena ini adalah bentuk kelanjutan tongkat estafet dari sang pendahulu yakni Wishnutama dalam berkarya dan berkontribusi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Saya menyadari pandemi Covid-19 ini merupakan suatu tantangan yang besar. Namun kita harus optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasti akan segera pulih dan bangkit kembali, seiring teratasinya pandemi ini. Sebab sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor strategis penyumbang devisa serta pembuka lapangan kerja paling cepat dan besar. Amat penting dalam pemulihan ekonomi kita,” kata Sandiaga.

Bergerak Cepat, Disiplin Prokes & Berinovasi: Kunci Sukes Mencapai Target

Presiden RI Joko Widodo menyampaikan pesan kepada Sandiaga bahwa dalam situasi pandemi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus bergerak cepat dalam mempersiapkan destinasi super prioritas yang juga meliputi beberapa aspek penting lain supaya terskema secara baik. Aspek tersebut antara lain infrastruktur, seni budaya, sumber daya manusia dan sebagainya. Untuk mempertahankan dan memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang sempat lesu, persiapan kalender kegiatan (calendar of event) juga dilakukan pada setiap lima destinasi super prioritas. 

Sementara itu Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin turut menambahkan bahwa seluruh target tersebut jangan sampai melupakan protokol kesehatan secara disiplin. Selain itu, sektor ekonomi kreatif sebagai pencipta lapangan kerja dapat melakukan pendekatan secara holistik yang kedepannya dapat membantu lebih dari 30 juta para pelaku dan tenaga kerja di sektor tersebut. Adanya tren wisata halal dan desa wisata juga merupakan bagian dari inovasi produk yang patut dikembangkan dalam aspek ekonomi kreatif.

Bukan tidak mungkin, ini menjadi tugas baru Sandiaga melanjutkan peran Wishnutama sebagai Menparekraf/ Baparekraf di tengah tantangan pandemi Covid-19 yang begitu membuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif harus berani dalam bergerak cepat, berinovasi dan selalu menjaga disiplin protokol kesehatan demi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tak Kenal maka Tak Sayang

Sobat GenPi dan masyarakat Indonesia pada umumnya pasti sudah sangat mengenal siapa sebenarnya Sandiaga? Lalu bagaimana kisah dari latar belakangnya sehingga dirinya ditunjuk melanjutkan tongkat estafet dalam mempimpin sebagai Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024? Berikut adalah ulasan selengkapnya.

Dilansir dari laman Kontan.co.id, Sandiaga Salahuddin Uno merupakan pria kelahiran Pekanbaru, Riau 28 Juni 1969. Setelah mengenyam pendidikan SMA, Sandiaga melanjutkan pendidikannya ke negeri paman sam dan berkuliah serta menjadi lulusan dari Wichita State University, Amerika Serikat pada tahun 1990 dan George Washington University, Amerika Serikat pada tahun 1992.

Pasca lulus dari perguruan tinggi, karirnya cukup melesat sejak bergabung dengan SeaPower Asia Investment Limited di Singapura. Pada tahun 1997, Sandiaga bersama rekannya mendirikan perusahaan penasihat keuangan dengan nama PT Recapital Advisors yang sukses membantu lima perusahaan ternama yakni PT Adaro Indonesia, PT Indosenia Bulk Terminal, PT Mitra Global Telekomunikasi Indonesia Inttera Resources Limited dan PT iForte Solusi Infotek.

Sehingga pada tahun 2009, nama Sandiaga tercatat sebagai orang terkaya ke-29 di Indonesia versi Majalah Forbes. Selang dua tahun, Forbes juga merilis nominasi serupa dan Sandiaga sukses menduduki posisi ke-37 dengan total kekayaannya mencapai sekitar USS 660 juta. Ini merupakan hasil dari kerja keras Sandiaga yang sebelumnya sempat jatuh bangun dalam mendirikan bisnisnya.

Di samping kesuksesannya menjalankan roda bisnis, pada tahun 2005-2008, Sandiaga sempat menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan pernah menjabat sebagai Ketua Komite Tetap Bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kadin.

Menjadi Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024

Sebelum ditunjuk menjadi Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024. Sandiaga sudah lama malang melintang di dunia politik. Terhitung sejak tahun 2017, dirinya pernah mencalonkan diri sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama pasangannya Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dan terpilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022.

Baru setahun menjabat, Sandiaga rela untuk melepaskan jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta dan semangat politiknya terpacu untuk ikut dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024. Dalam pemilihan kepala negara tersebut, Sandiaga mencalonkan diri sebagai calon Wakil Presiden berpasangan dengan Prabowo Soebianto sebagai calon Presiden. Sayangnya, mimpinya urung terwujud dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI tersebut.

Selang setahun, di penghujung tahun 2020 dirinya terkejut karena ditunjuk langsung menjadi Menparekraf/ Baparekraf periode 2020-2024 oleh Presiden Joko Widodo menggantikan Wishnutama yang lebih dahulu menjabat sebagai Menparekraf/ Baparekraf periode 2019-2020. Keputusan dirinya ditunjuk sebagai menteri baru bukanlah pekerjaan main-main, merebaknya pandemi Covid-19 merupakan game changer yang bisa mengubah segalanya termasuk dirinya.

“Gini, Covid-19 ini adalah game changer. Covid-19 ini mengubah segalanya terutama pada saat saya dua minggu terakhir melakukan pemulihan. Saya bertafakur, bertadabur, berkontemplasi, refleksi, bahwa akhirnya kita semua harus bersatu padu untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara,” kata Sandi dilansir dari laman Bisnis.com pada Rabu (23/12/2020).

Harapan Baru

Perasaan semangat dan sikap optimis terpancar dalam diri Sandiaga saat resmi menjabat sebagai Menparekraf/ Baparekraf baru. Terlebih meningat bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling terdampak adanya pandemi Covid-19 dan harus segera bangkit untuk berkembang. Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia pun meminta kontribusi Sandiaga dalam memastikan dan menjalankan lima desitinasi super prioritas yang perlu dipersiapkan secara optimal.

“Bapak Presiden Jokowi Ingin spesifik minggu per minggu, dari skala kecil, bulan per bulan yang menengah dan satu world class event, itu event berskala dunia pada lima destinasi super prioritas ini, yang pokoknya ‘wow’, kalau orang lihat itu oh my god,” ungkapnya dilansir dari laman Bisnis.com pada Rabu (23/12/2020).

Sandiaga berharap dalam menjalankan amanah barunya tersebut dapat diterima masyarakat dan dirinya meminta dukungan dari seluruh pihak dengan bahu membahu mewujudkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang siap bangkit, bersaing dan mengharumkan nama Indonesia hingga kancah internasional.

Akhir kata, selamat bertugas Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/ Baparekraf) periode 2020-2024 dalam reshuffle Kabinet Indonesi Maju yang ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo. Salam GenPi, Gasss!

Sumber:

https://kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers-%3A-Wishnutama-Serah-Terima-Jabatan-Menteri-Pariwisata-dan-Ekonomi-Kreatif-ke-Sandiaga-Uno

https://nasional.kontan.co.id/news/profil-sandiaga-uno-dari-pengusaha-sampai-menteri-pariwisata-dan-ekonomi-kreatif

https://ekonomi.bisnis.com/read/20201223/9/1334666/terungkap-ini-alasan-sandiaga-uno-akhirnya-mau-jadi-menteri-jokowi



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *