Sumber Gambar: goturkeytourism.com

Hallo sobat genpi!! Gimana kabar kalian hari ini? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya!! Nah ngomong-ngomong mengenai kesehatan nih artikel sebelumnya sudah menjelaskan sedikit mengenai health tourism dimulai apa definisinya, sejarahnya, hingga bentuknya seperti apa. Nah artikel kali ini masih akan melanjutkan pembahasan mengenai health tourism ya!

Kali ini akan berfokus membahas segmentasi pasar yang ada di health tourism. Atau lebih sederhananya adalah jenis-jenis wisatawan dalam health tourism berdasarkan pembagian dari The National Tourism Authority Irlandia. Daripada semakin penasaran yuk langsung disimak saja tulisan di bawah ini.

1. Fun-Seeker

Nah jenis wisatawan ini hampir sama seperti wisatawan pada umumnya, yaitu berlibur untuk bersenang-senang. Namun, kali ini tujuan objek wisata dari wisatawan jenis adalah mengunjungi tempat terapi ata spa. Biasanya mereka bukan sebagai konsumen reguler atau rutin sehingga hanya mengunjungi pada waktu itu saja.

2. Occasional Pampers

Wisatawan jenis ini biasanya ingin rehat sejenak dari aktivitas harian mereka dengan mengalihkan diri ke dalam kegiatan health tourism. Dibandingkan memilih objek wisata mainstream mereka lebih memilih untuk mengunjungi sarana kesehatan, seperti spa ataupun beauty salon. Nah tujuan dari wisatawan jenis ini semata-mata untuk memulihkan kondisi fisik dan mental mereka.

3. Relaxers

Sedikit berbeda dengan jenis wisatawan  fun-seekers, jenis wisatawan ini merupakan pengunjung tetap dari tempat perawatan. Biasanya mereka secara reguler mengunjungi tempat perawatan, seperti spa sebagai sarana untuk escape. Dengan ini mereka lebih memilih untuk escape sejenak dengan melakukan salah kegiatan dalam health tourism dibandingkan dengan bentuk wisata lainnya.

4. Serenity Seekers

Jika biasanya orang-orang melakukan aktivitas health tourism untuk kesehatan mereka nah jenis wisatawan kali ini sedikit berbeda karena mereka lebih mencari kedamaian dalam diri. Mereka tidak mengunjungi tempat seperti spa tetapi mengunjungi tempat yang mampu memberikan mereka ketenangan.

5. Beauty Queen

Nah untuk jenis wisatawan satu ini biasanya didominasi oleh kaum hawa nih sobat genpi! Tidak selamanya lho health tourism untuk kesehatan tetapi juga bisa untuk perawatan kecantikan. Kalian bisa berkunjung ke salin atau ke tempat perawatan kecantikan lainnya untuk melakukan aktivitas health tourism.

6. Help seekers

Jenis wisatawan yang terakhir nih mereka lebih ingin mencari perubahan dalam hidup mereka. Entah itu perubahan secara fisik maupun mental di dalam diri mereka. Motivasi dari jenis ini biasanya untuk meningkatkan kualitas diri mereka.

Wah ternyata jenis-jenis orang melakukan health tourism sangat beragam ya. Pasti kalian sudah mulai menigndentifikasi diri kalian masuk ke bagian mana ya? Atau belum termasuk dari jenis tersebut? Wah jika belum kalian bisa banget nih melakuka kegiatan health tourism.

Sumber:

Smith, Melanie and Puczkó, László. 2009. Health and Wellness Tourism. UK. Elsevier.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *