Foto Oleh : lukman hakim

Ya, Gili Balu memang bukan pulau yang berdiri sendiri. Melainkan berupa gugusan pulau yang tersusun atas delapan pulau. Persisnya, Gili Balu terdiri atas gugusan pulau kecil: Kenawa, Paserang, Kambing, Kalong, Mandiki, Nyamuk, Ular, Belang.

Syukurnya, saya sudah sempat mengeksplor area gili dari darat sampai underwater. Delapan pulau itu memiliki terumbu karang yang bagus bagi pemilik hobi diving atau menyelam.

Jelas kawasan ini berbeda dengan tiga gili utama yang ada di Lombok—yang sudah begitu populer bagi para pelancong. Namun soal keindahan, boleh diadu. Dijamin Gili Balu tidak mengecewakan. Tapi ingat, jangan buang sampah sembarangan ya saat jalan-jalan.

Di Gili Balu, saya dan teman-teman berinisiatif membuat papan dengan tagar #bawapulangsampahmu. Tulisan itu kami ukir di atas kayu semata karena ingin sama-sama melestarikan dan menjaga keasrian Gili Balu.

Tidak  seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas, Gili Balu bisa dibilang masih perawan.  Belum ada tempat penginapan, apalagi hotel untuk beristirahat, hanya  camping ground.

Toh, tenang saja. Saya bisa memperkenalkan teman-teman yang ingin mengunjungi Gili Balu kepada sahabat saya,  Arnold. Kalian bisa stay di rumahnya  sekaligus menitip barang-barang yang tidak perlu dibawa saat camping ke  gili. Teman saya ini keren dan  sangat lucu, pokoknya asyik. Di rumahnya juga ada alat snorkeling yang bisa disewa. Sedangkan kalau urusan diving, tinggal menghubungi Pak Arief.

Harganya bagaimana? So pasti bisa dinego, hehehe.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo  berwisata  ke Sumbawa  Barat. Menikmati Gili Balu, di mana laut biru dengan airnya masih jernih. Snorkeling di Pulau Paserang, yang dasar lautnya terlihat jelas saking beningnya air.  Pagi hari, kita bisa sambil menikmati matahari terbit dari atas bukit Kenawa menyapa Indonesia.

Hanya saja, jangan lupa, karena sekarang masih situasi pandemi, tetap wajib ikuti protokol kesehatan ya. Pakai masker, selalu cuci tangan, dan jaga jarak. Indonesia indah, liburan #diindonesiaaja.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *