Sumber foto : Salsabill Fajriani Salim

Membahas destinasi wisata yang ada di Jakarta tentu saja yang terlintas dikepala kita ialah Taman Mini Indonesia Indah, Dunia Fantasi Ancol, Monas, Ragunan, dan Kota Tua. Tapi ternyata selain itu Jakarta juga punya tempat wisata yang tak kalah bagus dari Bali maupun Labuan Bajo loh!

Pulau Seribu namanya. Pulau Seribu merupakan kepulauan yang berada di sebelah utara kota Jakarta. Pulau Seribu merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib di kunjungi bahkan warga Ibukota yang ingin menikati suasana suasana tenang yang jauh dari hiruk pikuk nya kota Jakarta. Di Kepulauan Seribu terdapat beberapa pulau yang dapat di kunjungi diantarnya adalah Pulau Tidung, Pulau Kelapa, Pulau Harapan, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa dan Pulau Pramuka.

Sumber foto : salsabill fajriani salim

Di kepulauan seribu para wisatawan dapat melakukan kegiatan liburan seperti malukan snorkeling, berenang, memikmati indah nya pulau, hingga island hopping yaitu mengunjungi satu pulau ke pulau lain yang berdekatan di Pulau Seribu.

Sumber foto : Salsabill Fajriani Salim

Ternyata di Pulau Seribu kita juga bisa menambah wawasan karna di sini kita dapat melihat dan belajar melakukan diving di laut Pulau Patondan Timur para wisatawan dapat melihat bagaimana terumbu karang dan ikan ikan yang masih terjaga kelamian dan habitat nya, di Pulau Pramuka memang sangat terkenal dengan ‘kampung berseri astra’ tapi nyatanya tak jauh dari Pulau Pramuka wisatawan dapat melihat pennagkaran hiu bahkan wisatawan dapat memberi makan serta bercengkrama dengan hiu disana, di Pulau Harapan dan Pulau Tidung kecil para wisatawan dapat ikut serta membudidayakan hutan mangrove di Pulau Seribu sekaligus mengenal lebih jauh berbagai jenis tanaman bakau, di Pulau Kotok wisatawan dapat melihat pusat penangkaran konservasi elang bondol yang merupakan mascot dari Jakarta, sedangkan di Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun dan Pulau Kelapa Dua para wisatawan dapat meliat penangkaran penyu bahkan jika beruntung para wisatawan dapat melihat bagaimana penyu dewasa bertelur.

Sumber foto : salsabill fajriani salim

Semua kegiatan yang berada di kepulauan seribu ini memang tak jauh – jauh dari kegiatan laut nya oleh karna itu masyarakat yang tinggal di kepulauan seribu selalu berusaha menjaga kelestarian laut. karna selain bertujuan sebagai penarik wisatawan akan kealamian laut nya nyatanya laut juga merupakan tempat habitat hewan laut hidup serta sebagai tempat pencari nafkah bagi masyarakat disana yang dimana mata pencarian utama masyarakat yaitu sebagai nelayan. Jadi sangat penting untuk menjaga kelestarian laut serta pulau yang ada disana.

itulis oleh  Salsabill Fajriani Salim, Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadyah Uhamka.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *