Sumber :Dok Pribadi

Hallo sobat genpi? Gimana kabar kalian hari ini? Pasti sudah bosan kan di rumah? Pada pengen menikmati yang seger-seger ga nih? Nah artikel kali ini akan mengenalkan salah pantai yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa di Kabupaten Pacitan. Padahal dulu pantai ini sangat sepi sekali lho dari kunjungan karena akses yang cukup sulit.
Kini Pantai Klayar sudah begitu cantik dengan tambahan fasilitas tambahannya tanpa mengurangi keotentikannya. Pemerintah Pacitan begitu serius membangun fasilitas di sana untuk mendulang meningkatnya PAD dari sektor pariwisata. Bagi pengunjung yang penasaran dengan Pantai Klayar tidak perlu khawatir karena fasilitas di sana sudah sangat baik. Mulai dari penginapan, warung makan, toilet, posko kesehatan, tourism information center, gardu pandang, serta persewaan ATV. Sekarang ini untuk warung makan sudah berjejeran di sepanjang pantai. Berbeda dengan ketika pertama kali pergi ke sana yang hanya ada satu warung makan. Untuk toilet yang ada di sana juga cukup bersih karena hampir dibersihkan setiap hari.

Kini pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Klayar dengan duduk di pinggir pantai sembari menikmati es kelapa muda.Daya tarik di Pantai Klayar cukup menakjubkan sehingga begitu menarik bagi pengunjung dari luar kota. Salah satu yang menjadi andalannya adalah pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Atraksi yang ditampilkan berupa tampilan tebing yang menyerupai Patung Sphinx yang ada di Mesir. Secara sekilas, tebing tersebut hampir mirip sehingga orang suka berfoto dengan background batu tersebut. Tebing itu menjadi ikon dari eksistensi Pantai Klayar dan digunakan sebagai objek promosi pariwisata Pacitan.

Selain itu, atraksi lainnya adalah seruling samudera yang berupa semburan air laut. Jadi, itu merupakan ombak yang masuk ke celah-celah batu karang kemudian menyembur ke atas. Ketika menyembur ke atas diiringi dengan suara-suara yang menyerupai seruling sehingga dinamai dengan ‘seruling samudera’. Pengunjung cukup menikmati seruling samudera dari atas tebing saja karena jika mendekatinya akan terseret ombak yang begitu besar. Pada saat ombak mulai surut, apabila beruntung, pengunjung dapat menikmati seruling samudera dari dekat tetapi tetap diawasi oleh penjaga.

Masih ada keindahan lain di Pantai Klayar, yaitu hamparan pasir putih yang indah. Perpaduan pasir putih dan batu karang membuat pengunjung semakin tertarik untuk berlama-lama di sana. Mereka dapat bermain bersama keluarga di bibir pantai. Pengunjung harus berhati-hati ketika bermain di bibir pantai karena ombak di Pantai Klayar cukup besar. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan senja dari atas bukit.

Pantai Klayar merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka pergi ke pantai. Pengunjung akan mengalami pengalaman yang berbeda ketika mengunjungi pantai ini. Ada sesuatu yang tidak dimiliki oleh pantai lain seperti tebing yang menyerupai Patung Sphinx dan seruling samudera. Setelah mengunjungi pantai ini, pengunjung pasti menginginkan untuk mengunjunginya kembali. Pantai Klayar tetap direkomendasikan bagi siapapun yang membaca artikel kali ini.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020, Kelompok 11 Ekonomi Kreatif.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *