Pagelaran Uyon-Uyon Hadiluhung, Cara Keraton Jogja Memperingati Hari Kelahiran Rajanya



Sumber: kratonjogja.id

Keraton Yogyakarta memiliki cara untuk memperingati hari kelahiran (Wiyosan Dalem) rajanya, Sri Sultan Hamengku Buwono X . Dilansir dari kratonjogja.id, Uyon-Uyon Hadiluhung adalah pagelaran yang rutin digelar setiap Senin Pon malam Selasa Wage untuk memperingati hari kelahiran Sri Sultan.

Dalam sejarahnya, Uyon-Uyon Hadiluhung dilaksanakan setiap 35 hari sekali berdasarkan siklus padinan dan selalu di malam Selasa Wage. Pagelaran ini sejatinya adalah pertunjukkan yang memadukan suara gamelan dan sinden. Adapun penampilan tarian pusaka seperti pada waktu-waktu sebelumnya menampilkan Beksan Srimpi Renggawati, Srimpi Muncar dan Bedhaya Sapta.

Pada bulan ini, Uyon-Uyon Hadiluhung jatuh pada Senin Pon di tanggal 23 November 2020 dan akan menyajikan 7 buah komposisi gendhing dan Tarian Beksan Panji Sekar. Beksan Panji Sekar ad

alah tarian yang diperagakan oleh empar penari putra membawa keris dan jemparing (panah). Tarian ini menceritakan peperangan Jayakusuma yang diperintahkan untuk mempertahankan tanah Jawa dari serangan Klana Jayalengkara dari negara Bali. Menariknya, di kesempatan kali ini Beksan Panji Sekar akan ditambahkan instrumen musik barat seperti cello, violin, contrabass, dan mengalami perubahan pada struktur gerak tanpa menghilangkan gerak dasarnya.

Uyon-Uyon akan digelar di Kagungan Dalem Bangsal Srimanganti Keraton Yogyakarta. Acara akan di mulai pukul 21.00 WIB dan berlangsung kurang lebih 3 jam lamanya. Uyon-Uyon Hadiluhung biasanya dapat disaksikan secara langsung oleh masyarakat dengan melakukan reservasi kemudian datang ke keraton mengenakan busana sesuai aturan atau pranatan dari keraton. Tak hanya itu, pagelaran ini juga disiarkan melalui siaran RRI Jogja dan live streaming di Youtube dan Periscope Kraton Jogja. Namun terkait situasi pandemi maka masyarakat dapat menyaksikan Uyon-Uyon Hadiluhung melalui live streaming dan siaran RRI Pro 4 Yogyakarta saja.

Ditulis oleh Andrea Aurelia dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada program magang Genpinas 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *