Sumber : mfhealthtourism.com

Hai sobat genpi!! Artikel kali ini akan membahas sesuatu yang menarik loh! Wah apa itu? Pasti pada penasaran kan? Yuk mari kita simak pembahasan mengenai health tourism!

Pasti kalian selalu berpikir jika pariwisata sebagai aktivitas untuk mengalihkan diri dari rutinitas sehari-hari. Secara singkatnya kalian dapat bersenang-senang untuk merefresh diri kalian. Nah tanpa kalian sangka, pariwisata juga menjadi kegiatan yang dapat meningkatkan kesehatan kalian lho! Wah pasti menyenangkan sekali ya selain bisa berlibur tetapi masih bisa meningkatkan kesehatan kita.

Konsep tersebut dapat dikenal dengan health tourism. Mungkin istilah tersebut masih terdengar asing jika dibandingkan konsep lain, seperti pariwisata budaya atau pariwisata berkelanjutan. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi arti dari health tourism tersebut? Menurut ahli health tourism merupakan kegiatan pariwisata alternatif dengan tujuan utama untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka dengan memanfaatkan fasilitas wisata.

Nah jika biasanya motivasi kegiatan wisata kebutuhan untuk escape sejenak dari kegiatan sehari-hari. Namun, motivasi tersebut bergeser dalam wisata kesehatan yang lebih memprioritaskan pemenuhan kesehatan. Pada era sekarang ini, health tourism atau wisata kesehatan menjadi pembaharuan dari motivasi wisatawan yang selama ini bertujuan untuk bersenang-senang.

Akan tetapi, sebenarnya wisata kesehatan sudah ada sejak Kerajaan Romawi lho! Dahulu wisata kesehatan digunakan untuk memulihkan kondisi fisik dan mental para prajurit romawi. Mereka memanfaatkan sumber mata air panas untuk menyegarkan diri mereka kembali. Kemudian memasuki abad ke-19, spa mulai berkembang sebagai sarana kesehatan dan well-being. Tidak hanya itu, spa juga berkembang menjadi tempat untuk membangun networking dan kegiatan hedonistik.

Pada era sekarang ini, kegiatan dari health tourism sudah banyak ditemui lho! Salah satu contohnya adalah adanya pemandian air hangat sebagai objek wisata health tourism. Atau bisa juga dilakukan dalam bentuk lain, yaitu dengan melakukan yoga untuk menjaga kesehatan mental dan pikiran. Bahkan ada juga lho yang melakukan perjalanan ke luar negeri untuk mengecek dan merawat kesehatan mereka. Untuk di kawasan Asean, Penang menjadi destinasi favorit untuk melakukan health tourism karena fasilitas kesehatan di sana yang baik.

Wah ternyata beragam juga ya bentuk wisata sehingga tidak hanya untuk bersenang-senang saja. Namun, dalam berwisata kalian tetap bisa menjaga bahkan meningkatkan kondisi kesehatan kalian lho!

Sumber:

Tresidder, R. 2011. “Health and Medical Tourism” dalam Robinson, Peter & Heitmann Sine (ed) Research Themes for Tourism. London: Cabi International.

Kontributor Herlambang Eka Persada, Universitas Gadjah Mada, Program internship Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *