Sumber foto : nahara regy

Indonesia terkenal sekali dengan daerah kepulauan dan terdapat beragam budaya serta suku yang membentang jauh dari sabang hingga merauke disetiap daerahnya, dinatarnya adalah suku jawa yang menempati posisi terbesar di Indonesia, Suku Dayak, Suku Batak, Suku Sunda, dan Suku Betawi

Jika membahas tentang suku betawi maka yang terlintas dikepala kita adalah kesenian budaya ondel – ondel serta seni bela diri pancak silat, serta makanan tradisional soto betawi maupun kerak telor. Tapi ternyata tidak hanya itu saja yang menjadi ciri khas suku betawi nyatanya selain soto betawi dan kerak telor, suku juga memiiki makanan daerah yang tak kalah lezat yaitu asinan betawi.

Asinan betawi merupakan makanan khas suku betawi yang memiliki cita rasa yang lezat. Di indonesia sendiri asinan merupakan sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka)., biasanya makanan yang diacar berupa berbagai jenis buah maupun sayaran bahkan di indonesia asinan merupakan kuliner daerah yang popular di masyarakat.

Asinan betawi biasanya di jual berisikan sayuran sayuran segar seperti toge, kembang kol, daun selada, wortel, timun serta tahu kuning yang kemudian dimandikan dengan bumbu khas dari asinan betawi yang memiliki cita rasa asam-pedas-manis-gurih yang siap memanjakan lidah dan jangan lupa juga dengan kerupuk merah dan kerupuk mie yang menjadi ciri khas dari asinan ini. Jika kalian menyukai kacang maka kalian dapat memasukan kacang didalam nya.

Waktu yang tepat untuk menikmati asinan betawi ini adalah disiang hari karna kesegaran dari asinan betawi akan membuat kita melupakan sejenak tentang kebisingan kota Jakarta. Setelah puas menyantap asinan betawi jangan lupa juga menikmati es podeng sebagai penutup dari kuliner nusantara, es podeng sangat pas disantap setelah makan asinan bwtawi karna es podeng berbahan dasar santan yang mempu mentralisir rasa pedas dari manisan betawi.

Harga asinan betawi ini relative murah yaitu hanya dengan 15.000 saja masyarakat dapat menikmati hidangan khas kuliner daerah betawi!.

Ditulis oleh  Salsabill Fajriani Salim, Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadyah Uhamka.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *