“Keindahan Surga di Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu “



Foto Oleh: Hendri

Desa Rantau Langsat merupakan desa yang terletak di Kabupaten Indragiri Hulu. Desa ini terletak didalam kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). Desa Rantau Langsat memiliki banyak potensi pariwisata yang masih utuh dengan keasriannya baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata buatannya.

Foto Oleh: Hendri

Desa Rantau Langsat banyak dihuni oleh suku Talang Mamak yang bisa dikatakan masih primitif dan masih tergantung pada kondisi alam sekitar. Suku Talang Mamak di Rantau Langsat ini merupakan suku Talang Mamak tertua di Riau. Suku ini akan selalu terjaga pelestariannya karena didukung oleh daerah sekitar yang menjadi penyokong bagi keberlangsungan hidup suku Talang Mamak.

Para wisatawan sangat menikmati keindahan surga yang ada di Rantau Langsat. Wisata menyusuri sungai sangat digemari oleh wisatawan yang berkunjung karena disaat menyusuri sungai yang menjadi penghubung antar dusun di Rantau Langsat ini wisatawan juga bisa menikmati rerimbunan pohon serta tumbuh- tumbuhan yang ada disepanjang aliran sungai tersebut. Selain itu wisatawan juga bisa memancing dari atas perahu serta berenang di sungai Batang Gansal menggunakan pelampung yang telah disediakan.

Foto Oleh: Hendri

Selain susur sungai, di desa Rantau Langsat juga terdapat air terjun yang menjadi perbincangan para awak media lokal karena keindahannya, ya air terjun Pampunawan namanya. Air terjun ini memiliki bentuk yang masih alami dengan bebatuan yang diselimuti lumut dan dikelilingi oleh tebing dan rindangnya pohon.

Jika berkunjung ke Rantau Langsat, pengunjung tidak perlu khawatir mengejar waktu untuk pulang. Di Rantau Langsat terdapat area camping ground yang bisa digunakan untuk bermalam atau berkemah. Sambil menikmati indahnya malam dan juga merdunya suara jangkrik membuat pikiran menjadi tenang dan tentram. Pada pagi harinya wisatawan juga bisa menikmati panorama dari atas bukit ataupun menara pandang.
Setelah melihat keindahan Rantau Langsat dari atas bukit, para wisatawan juga akan disuguhkan oleh nikmatnya kopi Rantau Langsat yang merupakan hasil alam asli dari desa ini. Menikmati secangkir kopi asli Rantau Langsat dengan latar sungai Batang Gansal merupakan ciri khas tersendiri didaerah ini.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *