Ekowisata Mangrove Pangkalan Jambi Bengkalis, Provinsi Riau



Foto Oleh : Eric Laksmana,Bengkalis

Selain terkenal akan wisata pantai karena terletak di pesisir Selat Malaka, Kabupaten Bengkalis juga memiliki wisata mangrove. Namanya Ekowisata Mangrove Pangkalan Jambi, salah satu wisata alam yang menyuguhkan hutan mangrove di pesisir Selat Bengkalis. Di lahan seluas 300 hektar ini, sobat genpi bisa melihat pemandangan hijau yang menyegarkan mata.

Memasuki kawasan Ekowisata Mangrove Pangkalan Jambi, sobat genpi akan langsung disuguhi pemandangan hutan mangrove yang hijau dan rimbun. Setelah melewati pintu masuk akan menjumpai kapal-kapal milik nelayan yang terparkir rapi, kemudian kita akan melewati tempat penjualan tiket, untuk tiket sekali masuk dibandrol Rp. 2000 per orang.

Fasilitas yang ada di Ekowisata Mangrove Pangkalan Jambi ini sudah lengkap, mulai dari pendopo untuk beristrirahat, kantin, mushola, toilet umum, taman bermain anak, dan lahan parkir gratis. Selain itu jembatan membelah mangrove ini sangat panjang sehingga sobat genpi akan puas berkeliling sambil menikmati pemandangan hutan mangrove dan pesisir laut Selat Bengkalis.

Selain menikmati hutan mangrove, sobat genpi juga bisa melihat langsung pengolahan cemilan yang diolah dari bahan mangrove seperti Dodol Kedabu, Minuman Kedabu, amplang lomek dan lainnya oleh UMKM Ekowisata Mangrove Desa Pangkalan Jambi, sobat genpi bisa langsung membeli olahan tersebut untuk dijadikan oleh-oleh.
Mengunjungi tempat wisata, tentu tidak lengkap jika belum berswafoto.

Di Ekowisata Mangrove Pangkalan Jambi sendiri banyak spot yang bisa dijadikan latar berswafoto, salah satunya jembatan love, menara dan lain-lain. Ekowisata ini terletak di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Tempatnya mudah diakses berada di jalan lintas Pekanbaru-Sungai Pakning Bengkalis, jika dari Kota Pekanbaru lebih kurang 4 jam perjalanan dan 15 menit dari pusat Kota Sungai Pakning Bengkalis.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *