Foto Oleh : Eric Laksmana,Bengkalis

Beting Aceh merupakan pulau terluar di Indonesia, hanya berjarak 48 km ke Port Dickson dan 62 km ke Malaka. Secara administratif Pulau Beting Aceh berada di Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis.

Butuh waktu sekitar enam jam dari Kota Pekanbaru untuk bisa sampai di Rupat Utara. Jika berangkat dari Kota Dumai, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih dua jam. Sobat Genpi akan dibawa melintasi jalur darat dan laut. Untuk menuju ke Pulau Beting Aceh telah tersedia jasa sewa speedboat dari pantai Pesona Desa Teluk Rhu yang ada di Kecamatan Rupat Utara.

Pulau kecil dengan luas 2 hektar ini sangat menarik, hamparan pasir putih membentang di antara laut yang berwarna kebiruan sungguh akan memanjakan mata.

Di tengah pulau terlihat deretan pohon cemara laut yang berjejer rapi, bila cuaca sedang panas, pohon-pohon ini menjadi tempat pengunjung berlindung dari sengatan matahari.

Ada fenomena unik di pulau ini, pantainya yang berpasir putih akan mengeluarkan suara berderit ketika diinjak atau disentuh tangan, masyarakat sekitar menyebutnya Pasir Berbisik.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *