Berwisata Edukasi Sejaran Mataram Kuno Di Candi Arjuna, Dieng



Sumber: Sari Patmiati

Berwisata sekaligus menambah wawasan tetang penggalan zaman dahulu tentu saja para wisatawan wajib mengunjungi candi, di Indonesia sendiri banyak sekali peninggalan sejarah berupa candi yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan sebagai objek liburan yang mengedukasi. Salah satu nya adalah Candi Arjuna Dieng. Candi ini terletak di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Candi Arjuna merupakan candi pertama dari 5 candi besar lain nya yang berada di desa dieng kulon dan keempat lainnya adalah candi Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Candi arjuna menjadi candi pertama karna memiliki luas yang besar dan paling awal dibangun, candi arjuna juga dibangun dengan tujuan untuk menyembah dewa syiwa hal ini dilihat dari gaya bangunan candi arjuna sangat kental dengan budaya india.

Di candi arjuna para wisatawan hanya akan melihat ruang ruang kosong sebagai tempat penyimpanan arca dan di hanya di candi arjuna saja yang memiliki candi sarana yang bertujuan untuk tempat berkumpulnya para umat sebelum masuk kedalam candi utama. Candi arjuna juga merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat digemari oleh remaja milenial.

Ketika berada di komplek candi dieng para wisatawan akan disuguhkan dengan perpaduan alam yang masih sangat asri digabungkan dengan gaya bangunan yang kental akan kebudayaan mataram kuno sehingga para pengunjung yang datang ke komplek candi ini akan mendapatkan foto yang instagramable.

Berkunjung ke komplek candi arjuna juga dapat menambah pengalaman serta pembelajaran bagi para wisatawan karna di sini para wisatawan dapat melihat dan mempelajari kisah pradaban mataram kuno di tanah jawa. Arsitektur candi disini pun sangat cantik sehingga mampu memanjakan mata pra wisatawan dengan keunikannya.

Di komplek candi arjuna pun terdapat museum yang bertujuan sebagai penyimpan dari arca, karna sebagian besar dari peninggalan sejarah yaitu arca sudah dicuri sehingga badan pengelola kawasan tersebut menyimpan arca dimuseum.

Jika berkunjung kesini juga lupakan menjaga kesehatan karna suhu di area ini sangat lah dingin dan pastikan anda sehat serta mematuhi protocol kesehatan. Selamat berlibur.

Ditulis oleh  Salsabill Fajriani Salim, Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadyah Uhamka.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *