Ayo, Datang dan Saksikan Pagelaran Wayang Beber di Museum Sonobudoyo



Sumber : @sonobudoyo

Hallo sobat Genpi, ada info menarik nih bagi kalian yang tingga di Daerah Istemewa Yogyakarta dan sekitarnya. Sebab, pihak Museum Sonobudoyo yang bekerja sama dengan Museum Wayang Beber Sekartaji akan mengadakan Pagelaran Wayang Beber yang akan di isi oleh seniman dari Museum Wayang Beber Sekartaji.

Apa sih Wayang Beber itu ?

Wayang Beber merupakan Wayang tertua yang ada di indonesia. Di lansir dari Instagram Sonobudoyo, Mungkin banyak yang tidak tau tentang Wayang Beber yang menggunakan gambar – gambar sebagai objek pertunjukan sang dalang. Dalam gambar – gambar ini dilukiskan pada selembar kertas atau kain, yang dibuat dari satu adegan ke adegan yang lain, secara berurutan menurut narasi cerita.

Dalam pertunjukan Wayang Beber di Gunung Kidul, Yogyakarta menceritakan tentang kepahlawanan tokoh Panji, yang merupakan terobosan local genius masyarakat Jawa. Kisah – kisah Panji kemudian di anggap sebagai gambaran adat, tradisi yang telah di yakini sejak dulu dan melegenda hingga kini.

Pagelaran Wayang Beber sendiri sudah di mulai sejak tanggal 14 November 2020 dan akan selesai pada tanggal 27 Desember 2020. Namun, pagelaran Wayang Beber ini tidak setiap hari di adakan. Pagelaran ini hanya di laksanakan di tanggal 14, 21 dan 28 November 2020, serta 3, 12, 13, 19, 20, 26, dan 27 Desember 2020.

Untuk lokasinya sendiri, akan berada di Gedung Pameran Temporer Museum Sonobudoyo. Dan untuk pertunjukan ini di adakan secara luring dan tidak di pungut biaya sama sekali. Dan, pihak dari Museum Sonobudoyo sendiri akan membatasi para pengunjung yang akan menonton pagelaran ini dan memaksimalkan protokol kesehatan yang ada.

Nah, bagi sobat Genpi yang berada di sekitaran Museum Sonobudoyo bisa banget datang dan menyaksikan pegelaran Wayang Beber. Karna kalo bukan kita siapa lagi yang akan meneruskan dan menjaga budaya yang ada di Indonesia ini. jadi, jangan sampai terlewat ya sobat Genpi.

Ditulis oleh Lukman Nur Hakim, Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Program Internship Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *