Sumber :@pariwisatasolo

Apa yang terpikiran ketika mendengar kata “Ketoprak”, pasti banyak dari kalian yang langsung memikirkan makanan indonesia yang khas dengan bumbu kacangnya. Namun, di beberapa daerah, Kethoprak bukan saja sebagai sebutan nama makanan, melainkan lakon pertunjukan pentas seni drama.

Kethoprak, merupakan pentas seni drama tradisional yang terkanal di daerah Surakarta dan sekitarnya, dan malah sudah terkenal sampai ke Yogyakarta. Kethoprak sendiri merupakan seni pertunjukan yang sudah ada sejak zaman dahulu, dan eksis sampai sekarang.

Baru – baru ini, pihak dari gedung Kesenian Taman Balekambang mengadakan seuatu pertunjukan Kethoprak yang akan di tampilkan oleh para seniman Kethoprak Balekambang dengan lakon “Saridin” yang di sutradari oleh Slamet Meteor.

Saridin sendiri merupakan potret rakyat jelata yang di pandanga lugu atau bodoh, tetai di balik semua itu Saridin memiliki kesaktian.

Acara ini akan di gelar pada Sabtu, 21 November 2020 pada pukul 20.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Dan akan di langsungkan secara langsung di Gedung Kesenian Taman Balekambang, serta akan di siarakan secara langsung melalui akun youtube Pariwisata Solo.

Untuk yang akan menonton acara ini secara offline, kalian hanya membayar sebesar 10.000 rupiah setiap orangnya dan kalian bisa menyaksikan sebuah pertunjukan yang sangat menakjubkan. Selain itu, untuk para penonton yang datang atau menyaksikan seacra offline, pihak dari Gedung Kesenian Taman Balekambang memohon untuk para penonton mengikuti arahan protokol kesehatan sesuai dengan apa yang di terapkan oleh pemerintah.

Nah, bagi sobat Genpi yang berada di sekitaran solo bisa banget buat datang dan menyaksikan pertunjukan Kethoprak dengan lakon “Saridin” ini secara langsung. Dan, bagi sobat Genpi yang berada di luar kota Solo, kalian bisa menyaksikan pertunjukan ini melalui akan youtube Pariwisata Solo.

Jangan sampai ketinggalan ya sobat, karna kalo bukan kita siapa lagi yang akan melanjutkan dan mewarisi nilai – nilai budaya yang ada di Indonesia.

Ditulis oleh Lukman Nur Hakim, Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. Program Internship Genpinas tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *