Ayo Coba Virtual Tour Lokasi Wisata di Yogyakarta



Sumber : Dok Pribadi

Dinas Pariwisata Yogyakarta bekerjasama dengan Visiting Jogja meluncurkan inovasi baru untuk memajukkan pariwisata Yogyakarta. Inovasi tersebut adalah Virtual Tour, sebuah media informasi untuk memperkenalkan lokasi wisata di Jogja secara virutal. Walau masih di langkah awal, inovasi ini perlu didukung dan dimaksimalkan kedepannya. Virtual Tour di website Vising Jogja memamerkan lokasi wisata Jogja dalam panorama 360 derajat. Pengguna dapat memanfaatkan teknologi ini untuk melihat lokasi sekitar wisata. Ada dua lokasi wisata yang sudah difasilitasi oleh Virtual Tour. Lokasi tersebut adalah Sumbu Filosofi dan Goa Jomblang.

Sumbu Filosofi / garis imajiner adalah garis yang ditarik lurus menghubungkan Gunung Merapi, Keraton, Panggung Krapayak, Tugu Jogja hingga Laut Selatan. Garis ini dibuat oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I dan memiliki filosofi yang dalam. Sumbu Filosofi yang tersedia di virtual tour meliputi Tugu Pal Putih, Keraton Yogyakarta dan Panggung Krapyak. Selain itu ada Plengkung Gading, Alun-Alun Selatan, Titik Nol Kilometer dan Malioboro. Cara kerja dari virtual tour ini mirip dengan virtual reality. Pengguna dapat memutar sudut pandang tanpa batas dan visual yang sediakan pun jernih. Pada visual juga tersedia icon ‘info’ yang mana bila di klik akan keluar informasi mengenai lokasi yang sedang ‘dikunjungi’. Informasi tersebut tersedia dalam Bahasa Inggris.

Sumber : Dok Pribadi

Selain itu ada pula Goa Jomblang, sebuah goa vertikal bertipe collapse doline di Jetis Wetan, Gunung Kidul. Goa Jomblang terbentuk akibat proses geologi ambles nya tanah di atas ke bawah. Uniknya, vegetasi di dasar Goa Jomblang sedalam 60 – 90 meter ini sangat baik. Goa ini cukup viral di kalangan traveler atau pecinta alam karena fenomena keindahan cahaya matahari yang masuk ke mulut goa. Cahaya matahari itu membentuk sebuah ray of light yang sangat indah. Nah keindahan ray of light itu bisa dinikmati di Virtual Tour Visiting Jogja ini. Pengguna dapa melihat struktur batuan dan cahaya matahari dengan resolusi tinggi dan sangat jelas. Seakan-akan seperti sedang melihat langsung. Virtual Tour di Goa Jomblang ini menanyangkan visual dari loket pendaftaran, bibir masuk goa sampai ke tempat light of ray berada.

Adanya teknologi ini menjadi godaan untuk calon pelancong yang hendak travelling. Keindahannya nyata banget !

Bagi sobat Genpi yang ingin mencoba Virtual Tour dapat mengunjungi link :

Sumbu filosofi : http://virtualtour.visitingjogja.com/sumbufilosofi/

Goa Jomblang : http://virtualtour.visitingjogja.com/goajomblang/

Artikel ini ditulis oleh Andrea Aurelia dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada program magang Genpinas 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *