Jika kalian berada di Yogyakarta atau sedang berlibur disana, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Kotagedhe yang terletak di Kabupaten Bantul. Bukan hanya terkenal akan kerajinan peraknya saja, Kotagedhe juga menyuguhkan berbagai pemandangan dengan bangunan-bangunan tua, cocok buat kamu penyuka gaya vintage nih. Berikut beberapa spot instagramable yang bisa dikunjungi saat berada di Kotagedhe

Sumber: @mhmmdnrizky

Ketika bertandang ke daerah Kotagedhe maka kalian bisa melihat banyak gang-gang kecil dengan bangunan serta pintu-pintu tua. Karena hal ini, tak heran jika daerah Kotagedhe mendapat julukan ‘sejuta pintu’. Bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan di gang yang ada di wilayah Kotagedhe maka pengunjung bisa menyusuri dari Gang Soka kemudian melanjutkan ke gang-gang kecil lainnya yang ada di sana. Bangunan yang terdapat di sekitar gang-gang tersebut akan menonjolkan kesan vintage dan tentunya bisa menjadi spot foto instagramable.

Tempat satu ini merupakan tempat ibadah bagi umat muslim. Biasanya Langgar tersebut digunakan oleh masyarakat di sekitaran rumah dan terbatas, letaknya berada di loteng atas di beberapa rumah tradisional jawa yang ada di Kotagedhe. Di daerah ini hanya terdapat 2 langgar Dhuwul yang ditempatkan di sebelah depan Barat yang dianggap sebagai titik paling suci dan terhormat. Di tempat ini kalian bisa menemukan suasana vintage yang sangat instagramable dan tidak kalah keren dengan spot lainnya.

Sumber: @lenny.diary

Dinamakan Omah UGM karena berawal dari pasca gempa tahun 2006 yang mengakibatkan banyak rumah adat rusak dan tak terawat. UGM kemudian membeli salah satu rumah joglo yang awalnya dimiliki oleh keluarga Parto Darsono yang didirikan sejak 1860. Tujuannya dibelinya rumah tersebut adalah untuk melestarikan pusaka Kotagedhe yang berupa bangunan rumah joglo. Saat ini, Omah UGM dijadikan Pusat Pergerakan Pelestarian, Omah UGM ini terletak di desa Bodon, Jagalan. Tempat ini bahkan dulu pernah dijadikan sebagai tempat syuting film “Sang Pencerah” dan variety show “Dua Dunia” yang dipandu oleh komedian Tukul Arwana.

  • Makam Raja Mataram Kotagedhe
Sumber: @fadilaarimbi13

Terletak di jalan Masjid Besar Mataram, sayangan makam tersebut memiliki bangunan yang kokoh dengan ciri khas arsitektur budaya Hindu yang terlihat pada pintu gapura. Jika bertandang ke makam tersebut akan ada beberapa aturan yang harus ditaati oleh pengunjung, diantaranya menggunakan pakaian adat Jawa yang bisa disewa di sekretariatan, melepas alas kaki serta larangan memotret di dalam makam. Walaupun demikian, pengunjung masih bisa berfoto di pelataran luar makam yang tentunya tidak kalah menarik.

Sumber: @bansmarwanto

Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa tempat satu ini bernuansa horor. Rumah Pocong Sumi adalah bangunan tua dengan gaya arsitektur Belanda yang sudah berusia lebih dari 100 tahun. Tempat ini sudah berkembang menjadi urban legend yang sangat terkenal dari daerah Yogyakarta. Saat ini, Rumah Pocong Sumi dijaga oleh seorang ahli kunci dan dijadikan bangunan cagar budaya. Walaupun memiliki kesan mistis, pengunjung tempat bersejarah ini cukup banyak khusunya para pemburu foto karena kalian bisa menemukan spot instagramable dengan kesan vintage. Selain berburu foto kalian bisa sekalian uji nyali nih dengan wisata horor di Rumah Pocong Sumi.

Penulis: Maria Rosaly Rafa, Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Program Internship Genpinas Tahun 2020.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *